Student Traveler – Backpacking Consultant – More Priceless Stories

Perlu diakui, buat gue, travelling ke Singapura dengan low-budget (anggaran pas-pasan) emang gampang-gampang susah. Ya gimana engga, air minum mahal, penginapan mahal, transportasi umum mahal (tapi nyaman banget), harga makan berat di atas rata-rata buat standar orang Indonesia, plus banyaknya tempat-tempat wisata menggiurkan yang harganya lumayan nguras kantong.

Pengalaman gue backpacking ke Singapura April lalu telah mengajarkan gue untuk how to survive in Singapore. Gue pengen share sedikit aktivitas-aktivitas yang bisa kalian lakuin kalo mau travelling nekat ala gue (low budget abis) di Singapura. Ada banyak hal-hal kecil yang ternyata lumayan menguras uang banyak (dikit-dikit jadi bukit), so gue substitusikan hal-hal kecil berduit ini menjadi 0 rupiah saja! Hehe.
Simak tips berikut!

1. Cari air minum gratisan
Selama jalan-jalan di Singapura, gue yakin banget kalo bakal dehidrasi berat, karena kebanyakan kita jalan kaki buat menikmati lanskap perkotaan Singapura, dan hasilnya adalah haus parah dan kaki pegal. FYI, harga 1 botol mineral kemasan ukuran medium itu $1 (Rp7000). Gue sendiri butuh minum sampe lebih dari 3 botol per hari selama disana. Kebayang mahalnya kan? So, dari Indonesia gue udah prepare botol minum yang siap di-refill.  Sampai di Changi Airport, gue langsung isi penuh botolnya dengan air gratisan yang tersebar di banyak area di bandara. Kalo sudah tiba di kota Singapura, memang agak susah nemu dispenser atau tempat isi air minum. Tapi coba aja ke beberapa tempat wisata, biasanya ada tempat isi air minum gratis. Di chinatown misalnya, gue sempet nemu dispenser air gratis di dalam temple-nya. So, naluri mahasiswa gue keluar, minum yang banyak di tempat saat itu dan isi botol lagi sepenuh-penuhnya buat dibawa! :D

2. Jalan kaki
Sebelum keberangkatan, temen gue bilang kalo jalan-jalan cuma 2 hal yang  bisa diandalkan, naik MRT (tips naik MRT disini), sisanya jalan kaki. Biasakanlah jalan kaki disana, buat orang Indonesia yang umumnya jarang jalan kaki, memang agak melelahkan. Tapi believe me, itulah salah satu cara terbaik menikmati kota Singapura! Jangan bayangkan jalan kaki disana bakal sama kayak di Indonesia. Memang sih udaranya panas, tapi fasilitas buat pejalan kaki disana udah oke banget. So, ga perlu kawatir dengan takut ditabrak angkot atau bakal disodok ama motor yang lewatin trotoar, hehe. You’ll be honoured as pedestrian in there!

Nah, buat yang ga kuat banyak jalan kaki, kamu bisa beli kartu Singapore Tourist Pass.

Kartu ini bermanfaat banget buat traveller ketika mau naik MRT dibanding beli Standard Ticket. Hemat uang, hemat waktu juga. Singapore Tourist Pass bisa dibeli di beberapa konter MRT seperti Raffless Hills, HarbourFront, Changi Airport, Ang Mo Kio, Chinatown, City Hall, Bugis, dan Orchard (engga semua konter MRT ya). Harga kartu itu 18 SGD untuk 1 hari bebas naik MRT dan Bus seharian! Sebenernya harganya itu hanya 8 SGD, 10 SGD itu dijadikan deposit. Kartu itu tinggal di-tepokin aja ke mesinnya (tinggal liat aja orang lain gimana nepoknya). Kalo kamu udah beres pake kartunya, jangan lupa buat nuker kartunya buat ambil uang depositnya ke konter. :)

3. Nebeng apartemen teman
Pengeluaran untuk akomodasi adalah salah satu hal krusial di Singapura, khususnya buat low-budget traveller macam gue. Awal tiba di Singapura, gue langsung check-in hostel di kawasan Bugis dengan harga $18 per orang (Rp 118000) dengan kamar isi 4 bed (mixed room) dengan shared-bathroom ( see the web : http://www.cozycornerguest.com/).

Buat gue, harganya masih normal sih untuk standar hostel, tapi msalahnya gue ga bisa menghabiskan 5 malam di Singapura dengan terus nginap disitu. bisa bokek gue,  Sselepas malam pertama, gue akali budget nginep dengan naik kereta ke Kuala Lumpur – Malaysia malam hari dan pulang ke Singapura lagi dengan bus malam. So itu udah irit penginapan 2 malam! Selain itu, 2 malam terakhir gue nebeng di apartemen temen gue yang lagi magang. Nebeng ini pun engga gratis, gue perlu membayar SGD 10 buat air dan listrik. Good deal lah sgitu mah, mana ada penginapan seharga itu, :) nebeng pun juga membawa manfaat irit lainnya. Misal, kalo laper, kita tgl beli mie instan ama telor ayam di minimarket terus masak deh! Irit kan? :D

4. Cari Teman Asli Sana
Banyak orang bilang networking itu sangat perlu. Gue setuju banget. Kita perlu punya teman-teman asing kalo kita hobi travelling, bahkan kalo bisa, kita punya teman dari seluruh negara di dunia! Hehe. Kalo kita punya temen asing, enaknya kita jadi tahu informasi negara itu dari sudut pandang penduduk aslinya. Kita biasanya bisa dianter ke tempat-tempat yang ga terlalu common buat kebanyakan orang! Gue sempat dianter ke Katong, satu daerah di Singapura yang punya sejarah peranakan Melayu-China yang jarang didatengin kebanyakan turis. Disana gue sempat makan Laksa Peranakan plus lihat pantai East Coast (yang ternyata pantainya horor, hiii). Lebih untung lagi, biasanya kita ditraktir dinner atau diberi transport gratis. Cihuy!
Waktu gue ke Singapura kemarin, gue punya beberapa teman Singapura yang gue kenal waktu fieldtrip Bayer di Jerman. Dengan pedenya, gue bilang kalo gue bakalan ke Singapura (mentang-mentang udah dapet tiket murah, lol). Mereka welcome banget! Selama gue disana, gue  dianter keliling kota pake sedan pribadinya temen gue, ditambah dua kali gue dkk ditraktir dinner! Cihuy! Tapi jgn berharap juga sih buat dianter2 dan dibayarin makan, liat orgnya jg dan sikonnya :) waktu itu juga surprse banget temen gue ternyata nraktir,wah rejeki emang ga lari kemana yah, alhamdulilah yah..

5. Wisata Gretongan (baca :gratisan)
Kalo ke Singapura, pasti ngiler banget pengen masuk ke Universal Studio, Jurong Bird Park, atau shopping di Orchard. Syukur-syukur bawa duit banyak bs kesana. Nah, kalo ke Singapira dengan modal kere kayak gue (lagi-lagi gue), banyak alternatif tempat wisata gratis yang bisa kita datangi, dan ga kalah menarik dari wisata bayar. Contoh : Singapore Botanical Garden, Kampung Arab, kampung Bugis, Little india dan Chinatown. Tempat-tempat itu bisa dinikmati tanpa mengeluarkan uang sepeserpun! Kalo mau ke Universal Studio, cukup datang ke Sentosa aja dengan modal SGD 3 (naik trem) atau SGD 1 (jalan kaki), trus foto-foto deh di depan logo Universal Studio! Tapi ingat, makan minum disana lumayan mahal, so isi perut sekenyang-kenyangnya yah sebelum sentosa! Plus minum sebanyak-banyaknya juga! Jangan sampe kayak gue yang sempet minum air teh bekas orang yang ditinggal di bangku taman, saking desperate ga ada duit buat beli minum. Hahaha. #jgn dicoba! :p

Tempat-tempat menarik yang wajib didatangi di Singapura dengan harga 0 Rupiah :

1. Merlion Statue (spot utama buat foto, di merlion bisa sekaligus foto di depan Esplanade, Singapore Flyer, dan Marina Bay Sands)

2. Raffles Hills (banyak patung menarik buat objek foto!)

3. Little India (Musthafa Centre, temple dan kampung India)

4. Chinatown (ada Temple bagus)

5. Singapore Botanical Garden – banyak patung-patung unik dan ada bunga Vanda Miss Joaquim-  bunga yang jadi lambang negara Singapura (cerita kere saya baca disini)

6. Jalanan Orchard ( nikmatin jalan kaki di jalan yang lebar sambil ditemenin ama burung-burung merpati)

7. Bugis (keliling toko-tokonya dan ke kampung Arab yang terletak ga jauh dari Bugis)

6. Ngirit Makan

Urusan makan sebenernya subjektif banget sih, tergantung ama diri kita sendiri. jangan sampe aja mati kelaparan disana karena ga ada duit, jd yg ada malah lemes. Gue adalah tipe orang yang makan banyak dan cepet laper, so gue butuh makanan yg banyak dan enak. Nah, makan itu prioitas gue nomor satu kalo travelling. hehe. gue punya satu tempat yg recommended buat makan enak banyak yang tergolong murah. Jika kamu lagi di Orchard, pergilah ke Asian Food Court di lantai dasar Lucky Plaza (seberang ION Orchard).

Lucky Plaza

Disitu ada banyak makanan Asia (cari halal dengan tulisan “No Pork No Lard” di dindingnya) yang enak-enak. Nah, di food court ini porsinya besar banget. Gue pernah beli Korean BBQ Bulgogi (semacam beef teriyaki) plus Nasi dengan harga 7 SGD (atau sekitar 49.000 rupiah), memang mahal sih, tapi ternyata menu makanannya buanyak banget. cukup buat berdua kok, so pesen aja satu porsi plus 1 tambahan nasi, insya Allah kenyang. Masakan Indonesia disitu juga jual ayam-ayam goreng ukuran jumbo dengan harga 6 SGD (plus nasi). 1 ayam buat berdua pun cukup! yang jualnya juga orang asli Indonesia, :)

Bulgogi*halal kok, :)

Pecel Ayam Indonesia di Lucky Plaza Food Court *enak dan besar loh, :D

makanan di daerah macam Orchard dan Raffles emang mahal-mahal karena daerah elit, kalo lagi jalan di daerah yang ga terlalu elit, banyak kok makanannya dibawah 5 SGD. Pergilah ke Street Food yang tersebar di segala penjuru Singapura, waktu gue disana ada satu tempat makanan halal di Lorong 12 Geylang yang jual nasi goreng dengan harga 3,5 SGD, porsinya juga banyak, rasanya juga enak! bapak yang jualnya juga ramah. Orang India tapi lancar ngomong Jawa, hehe :)

Jika ga mau makan yang berat-berat, lari aja ke 7eleven, minimarket yang udah tumpah ruah dimana-mana, beli aja semacam mashed potato yang harganya kisaran 2 SGD atau nachos yang harganya ga jauh dari segitu.

Berhubung masih banyak yang penasaran berapa perkiraan biaya sehari selama di Singapura. Gue lampirkan list perkiraaan biaya yang harus dikeluarin untuk kebutuhan utama, seperti makan, minum, kendaraan dan transportasi. Simak tabel berikut!

Perkiraan Biaya untuk Kebutuhan Utama selama 1 Hari di Singapura

Kartu Singapore Tourist Pass (1 day pass)                                                            = SGD 18

Makan Pagi (Nasi Lemak plus Teh Tarik di Bugis)                                            = SGD 5,5
Makan Siang + Minum (Asian Food di Lucky Plaza, Orchard)                     = SGD 7
Makan Malam (ex: makan sate ayam + lontong + minum di Lau Pa Sat) = SGD 7
Penginapan (Hostel Cozy Corner 1 Mixed Room di Bugis)                             = SGD 18
Air Mineral Kemasan/ Minuman Kaleng/ Uncle Ice Cream                          = SGD 1

Total Biaya Pokok Sehari                                                                                             = SGD 56,6 (= Rp 395.500)

*asumsi 1 SGD : Rp 7000

Catatan :

1. Kartu Singapore Tourist Pass itu sebenarnya cuma seharga SGD 8 aja. Uang SGD 10-nya akan dikembalikan lagi ke kita kalo kita balikin kartunya ke counter MRT.  Kartu ini bisa dipakai buat naik MRT dan Bus seharian sesuka hati. :)

2. Harga-harga tiket wisata itu bermacam-macam, ada yang mahal, ada juga yang murah, so ga gue masukin. tapi buat yang pertama kali travel ke Singapura, gue saranin mending explore tempat-tempat gratisnya dulu! hehe.

3. Biaya segitu insya Allah cukup buat ber-backapacker ria selama di Singapura, asal kita ga belanja macem-macem, atau ke tempat-tempat wisata yang mahal, biaya segitu bisa meng-cover segala kebutuhan pokok kita, :)

Tips-tips ngirit ini dijamin bakal ngasi pengalaman seru dan berbeda pas bekpeking kesana. Singapura memberikan pelajaran hidup buat gue kalo kita perlu mensyukuri dan menghargai apa yang kita punya, terutama dalam ngatur pengeluaran. Sampe sekarang aja, gue dan temen-temen bekpeking gue selalu ingat kenangan ber-kere ria disana, setiap inget rasanya pengen ketawa terus.. :D So, enjoy your ‘kere’ trip! Semoga bisa membantu! :9

Biar kere, tapi tetep gaya donk! ;p

Comments on: "Tips Hemat Jalan-jalan ke Singapura" (140)

  1. Hotel dibugis apa namanya dan nomor tlpnya

  2. sevenofcloud said:

    cozy corner mas, berseberangan dengan bugis juntion
    web : http://www.cozycornerguest.com/

    selamat berlibur!

  3. So, utk seorang saja, budget jalan2 dan makann kira2 berapa ya de?

  4. So, budget utk jalan2 dan makann saja utk sehari kira2 berapa ya?

  5. sevenofcloud said:

    untuk makan berkisar 3-5 SGD mbak, sy makan paling murah itu chicken rice seharga 3 dolar, di resto di bawah hostel cozy corner, dekat bugis junction. kalo mau makan di orchard, pergi ke asian food festival aja di lantai dasar Lucky Plaza, saya makan nasi+bulgogi (semacam teriyaki) seharga 7 dolar (porsi besar), porsi kecilnya itu 5 dolar.

    untuk jalan-jalan, pastinya kan mbak akan mengandalkan kereta (MRT) dan bus disana, saran saya sesampainya di Changi Airport langsung ke Customer Service MRT Changi, beli kartu Singapore Tourist Pass seharga 18 dolar (10 dolar untuk deposit, jika kartu dikembalikan, uang 10 dolar akan kembali, jadi harga yang dibayar 8 dolar saja), kartu ini bisa dipakai untuk naik MRT dan bus sepuasnya dalam satu hari, jadi tidak perlu bayar lagi. (buka di : http://www.thesingaporetouristpass.com/html/index.htm)

    Pengalaman saya dalam 1 hari, saya menghabiskan sekitar 60 dolar Singapura dalam sehari untuk penginapan, transportasi, dan makan. belum termasuk tiket-tiket masuk area wisata, tapi disana banyak tempat wisata gratis kok. :)

    Selamat berlibur! :D

  6. fatkurrohman said:

    disana bhasa mayoritas inggris pa mlyau mb…? saya ngebet bgt pngen ke singapur nie…kira2 pnginapan mana yang plg mrh ya….mksh.

  7. sevenofcloud said:

    Mayoritas berbahasa Inggris, tapi inggrisnya ala singapura, kadang2 kurang jelas bahasanya, hehhee.
    kira-kamu akan travel sendiri atau bareng temen2?
    hostel saya waktu trip kesana itu termasuk murah, namanya cozy corner,
    saya bayar 1 kamar isi 4 bed (saya travel bersama tiga teman saya, jadi pas untuk sekamar) sebesar 18 dolar per org (kira2 126ribu rupiah), ada kamar yang sangat murah tapi tidurnya rame-rame dengan yang lain dan sifatnya outdoor (tidak pakai kunci), harganya 13 dolar, itu menurut saya penginapan termurah.
    saya pernah menginap di hotel murah yang jauh dari pusat kota aja, bisa kena 500ribu per kamar untuk berdua.
    so saya sarankan kamu cari hostel-hostel aja, ada banyak kok di bugis atau chinatown yang bisa kamu ambil, harganya juga beda-beda tipis,

    selamat berlibur! ^^

  8. haiii
    mao tanya singapore tourist pass ini bisa untuk sentosa ekspress??? dan bisa juga tidak untuk bus SBS transit..???? di singapore kan MRT&BUS dikelola ama SMRT dan SBS transit.. jadi gimana dengan SBS Transit??? bisa tidak menggunakan kartu itu???

  9. sevenofcloud said:

    halo mbak fitrie,
    sentosa express tidak bisa digunakan mbak, kartu ini hanya bisa dipakai untuk SBS saja, kendaraan yg tidak bisa pakai singapore tourist pass itu Express, Fast Forward, Night Owl, Night Rider and Chinatown Direct Services.
    untuk SBS transit bisa ko!
    happy travelling! :D

  10. hallo :) saya mau tanya, jadi daripada saya beli Ez-Link lebih baik beli STP itu ya?
    soalnya saya akan menyusuri seluruh kota singapur dalam beberapa hari.
    jadi kalo pakai STP itu mau jauh atau dekat atau seringnya kita pakai MRT tetap USD 8 ya harganya?
    saya rencananya disana 2D3N jadi saya beli STP nya utk 3 hari ya?
    eh untuk bus juga bisa kan ya?

    maaf pertanyaannya banyak, terimakasih ya sebelumnya :)

  11. sevenofcloud said:

    hallo mba dian,

    yup benar, saran saya lebih baik mbak beli STP saja,
    karena praktis sekali, ga repot, ditambah mbak akan kesana kemari seharian,
    kalo ezlink itu sistemnya seperti isi pulsa, kalo pulsanya habis harus isi ulang lagi,
    kartu ez link ini lebih cocok untuk penduduk asli sana atau org yg sedang tinggal di singapura slm beberapa bulan, seperti temen saya yg magang di singapura slm 3 bulan waktu itu, dan dia pakai ez link, :)

    STP tidak kenal jauh dekat, kartunya bisa dipakai sesuka hati tanpa ngukur berapa biaya yg dikeluarkan, kartu ini bisa dipakai di MRT dan Bus,
    kalau full day-nya hanya 2 hari lebih baik beli STP untuk 2 hari saja, karena sayang kalo beli STP hanya untuk dipakai setengah hari. untuk setengah harinya, pakai standard ticket aja. :)

    happy travelling.

  12. pengen ke singapore…..
    low mw ke sna standart.na bwa uang brapa ea bwt transport,mkan,penginapan dll?……

  13. sevenofcloud said:

    baca postingan saya dulu mas. baru bisa bertanya.

  14. wah bisa dijangkau ini insyaalloh tips ala mba sevenofcloud ^^
    makasih buat postingannya. berguna sekali infonya..
    oya kira2 kalau dihitung semua sekalian sama penerbangan PP jd skitar brp ya ?
    mksh ^^

  15. sevenofcloud said:

    terima kasih mbak paramita, Penerbangan PP saya bulan April 2011 lalu total 445ribu, saya bawa uang sekitar 1,9 juta, itu untuk 6 hari (ditambah saya ke malaysia), jadi pengeluaran total sekitar 2,5 juta. selamat berlibur! :D

  16. [...] yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada tips hemat ke Singapura (baca disini) dan mengenal MRT (baca disini) , dimana saya menyarankan kalau jalan-jalan ke Singapura lebih baik [...]

  17. teh nisaaaaa salam kenal yaaaaa ;)

    wahhhh keren banget n brmnfaat bgt infonya,,, ala mahasiswa yang kere (gw buangeeeeeetttt doongggg) :D
    teteh itu penginapannya via online atau chek in dsna (maaf msh katrooo bgt :D hihi)

    thanks

  18. keren…
    mumpung masih muda… puas-puasin dah..

  19. sevenofcloud said:

    yup setuju!! ^^ hehehe

  20. sevenofcloud said:

    salam kenal juga melita! ^^ ayo langsung berangkat ke singapura dan coba hidup kere disana.. hehe. seruu loh, apalgi kalo kesana bareng sahabat-sahabat deket.. :D

  21. asyik juga ya jalan-jalan ala backpker

  22. mbak udah baca artikel mbak
    ada yang mau ditanyakartu stp 1 untuk ber 2 bisa engak

  23. mbak mau tanya donk, lokasi dispenser gratis di twmple di chinatown sebelah mana ya?? apa yg hindu temple itu?? maklum sesama pelancong berkeuangan tipis

  24. gambarnya temple nya kok ga kebuka ya mbak, malah dialihkan ke trip advisor

  25. sevenofcloud said:

    tulis aja di google : Buddha Tooth Relic temple, itu templenya..

  26. makasih banyak mbak :) semoga ketemu yaa

  27. halo mbak tipsnya oke banget nih

    saya mggu depan ke SG 3D2N nih, masih bingung masalah transport disana secara ga pake jasa tour, untuk itu lebih baik membeli STP ya? itu nanti ada jadwal MRTnya juga? kalo malam lebih baik dan aman pake taxi apa bus?

  28. menarik sekali postingannya mba..
    saya mau tanya, kalo kita beli STP ambil depositnya apa harus di kounter yg sama ato bisa beda? misal saya beli di changi airport begitu mendarat di sg, kemudian saya kembalikan di orchard daerah saya menginap?
    kemudian perhitungan sehari itu sampai jam brapa? terhitung hari apa 24 jam? misal saya beli dari jam 10 pagi, harus saya kembalikan jam berapa? terima kasih.. ^^

  29. sevenofcloud said:

    engga harus tempat sama kok! kemarin sy beli STP di City Hall , lalu saya cairkan depositnya di MRT harbourfront krn saya pulang naik kapal menuju batam. selamat travelling! ^^

  30. oh gtu ya mba.. satu lagi nih, setelah kemaren saya buka web STP, disitu ada waktu pengembalian deposit.. klo di changi itu dr pagi2 bisa ga ya? soalnya saya pulang dengan penerbangan pagi.. terima kasih sekali lagi..
    senang sekali baca postingan travelling ala mba di blog ini.. ^^

  31. halo mba, saya mau tanya. Saya mau pergi ke Singapore dengan 3 orang teman. Nah saya sudah booking tempat di cozy zorner. Tapi saya pesan kamar yg twin, disitu kan dibilangnya suitable for 2 person (i think, it doesn’t mean max 2 person). Jadi kalau misalkan saya nyelundupin 2 orang teman saya bisa ga ya mba? thx info nya sangat membantu.

  32. wah sangat membantu cerita2nya makasih banyak ya. salam kenal dari semarang :)
    bisa dong tanya2 kalosaya ada yg kurang jelas?

  33. wah seru dengan crt y mbak….. sy jg rncn mw k singapore dgn 1 org tmn.selama 4h3m. klu utk transportasi bagusny pakai apa ya mbak?????ma kasih sebelumnya…

  34. wah,… seneng banget postingannya sangat bermanfaat, mbak tgl 6 maret besok saya mau brangkat sendiri ala backpeker ke singapore, mau tanya, kalau saya beli STP itu, saya harus kembalikan dihari yang sama ya? lalu kalo tdk saya tukarkan apakah akan hangus uang deposit saya secara stp hanya berlaku 1 hari! thanks ya mabak….
    temen@ yang mau bareng saya, kabarin yah.
    thanks

  35. fitrifeii said:

    mau tanya nih :) 5 april sekarang aku kan mau ke singapore. nah aku belum tau mau tinggal dimana. rencana nya sih mau di cozy corner tp aku gatau cara booking nya. kalau harus pake debit wah aku ga punya tuh, kalau bayar langsung di cozy cornernya gimana tuh? di tunggu jawabannya ^^

  36. sevenofcloud said:

    @hanif : bisa kok setau saya, sesuai waktu buka MRT aja, :)

    @astridewi : wah tidak bisa mbak, dihitungnya bukan per kamar tapi perorang, di singapura, segalanya diperhitungkan :)

    @eka yuliana : terserah anda gimana enaknya, coba baca postingan saya ttg tips naik MR, mungkin bisa membantu,,

    @arif : tidak harus di hari yang sama kok, ada tenggang waktunya, besok atau lusa juga bisa dikembalikan. :)

  37. ihya ulumudin said:

    Mba saya mau tanya, kalo pergi ke singapur itu pake visa ga? Dan apakah benar kita harus buat visa on arrival dan membayar fiskal, terima kasih

    Info ini sangat berguna bagi org2 yg suka traveling dg low budget, saya sangat suka

  38. sevenofcloud said:

    tidak perlu, negara ASEAN tidak butuh Visa

  39. ihya ulumudin said:

    makasih ya mba udh d jawab pertnyaan saya,tp ada satu lagi pertnyaan, apakah waktu itu mba d kasih white card d imigrasi? tolong jelaskan apa yg d maksud white card itu, terimaksih

  40. ferdinand said:

    Mbak mau tanya? untuk STP apakah beda antara orang dewasa dan anak2 harganya? tks

  41. ferdinand said:

    Nambah tanya lagi nih, hostelnya nyaman gak ya untuk anak2? tks

  42. sevenofcloud said:

    dewasa dan anak harganya sama :)

  43. sevenofcloud said:

    kenyamanan itu tergantung pribadi masing2 mas,
    tapi waktu sy di hostel itu isinya kebanyakan anak2 muda yg lagi backpacker,
    waktu sy ama keluarga sy ke singapura, saya ambil hotel di kawasan geylang, per malamnya 500ribu untuk 2 org.

  44. Sangat menarik dan bermanfaat . Terima kasih infonya.
    Saya rencana mau ke Sin 3hr, 2 malam berdua temen. Dan modal nekat juga.
    Nanti kalo ada yg blm jelas boleh tanya2 ya…
    tq

  45. sevenofcloud said:

    wahh, pasti seru tuh! happy travelling!! :D

  46. perjalanan PP SG-indo paling murah naik apa ya??

  47. sevenofcloud said:

    tergantung mbak, harga naik turun

  48. emmm gitu ya… kalo mbak dlu naik apa truz hargany brp???
    oya mbak maaf,,, gw cwok jd jgn d pggil mbak donk haha

  49. sevenofcloud said:

    oh maaf saya kira perempuan, habis namanya novel.. hehe.
    saya naik Airasia harganya 450ribu. tapi harga tiket pesawat itu tidak mutlak mas setiap waktu.

  50. hahaha emang novel musti cowok ya mbak?? hehe
    emmm iya sih, nnti sring update harga deh…
    itu pp segitu mbak??

  51. sevenofcloud said:

    hehehe, ga juga sih, keingetnya ama puput novel, hehehe/
    iya PP, kalau emang kamu niat, pantengin aja web Airasia terus.
    dulu saya rajin update webnya. :)

  52. haiz…. sapa itu puput hehehe :)
    wah murah ya… pp bsa dpet segitu…
    ok,,, rencna sih abiz lbran smster lgsg go singapore :)
    thkz info nya… oya blog nya keren…. sangat mmbntu

  53. mbk,,,tnya ya…apakah semua hotel disana dihitung berdasarkan jumlah orang…kbtulan saya sdh pesan 1 kamar hotel,dikawasan little india…untuk 2 orang…tp sebenarnya saya jg membawa anak saya 2 org yg usianya 3thn dan 5thn…thnks f info..:)

  54. halo annisa,kalo traveling ke sing cewek sendirian n pertamakalinya,,aman kah? trus tiba di changi jam 00.15 (jetstar/valuair $29- jkt-sin)lebih baik tidur di bandara ya,baru MRT ke hostel jam brp ya amannya? rencana trus ke malaysia,lewat darat BUS/Train dan pulang kembali ke surabaya dr KL..kasih saran dunk,solo backpackeran abis gapunya teman bareng,thx

  55. sevenofcloud said:

    hmm, kalau kita ga berpenampilan yg ‘menundang’ insya Allah aman mbak tami, :)
    sejauh mbak ga ke tempat2 yg sepi (tempat wisata singapur sih rata2 rame) insya Allah ga akan kenapa2, hehe.

    kalau tiba di changi jam 12 malam, saran saya nginep di bandara aja sampe jam 5 pagi, lalu naik MRT aja langsung ke hostel (MRT buka jam 5 pagi), tanggung soalnya kalau nyari penginapan jam 12 malam gitu, toh bandara changi itu lantainya dilapisin karpet tebal, jd enak buat bobo, hehe.

    kalau ke malaysia, saya pribadi sih suka naik kereta (krn sy fans berat kereta), tapi kalau mau nyampe cepat mending naik bus mbak ke KL. andai sy punya uang mbak, sy ikut deh jalan2, hehe. :D

    selamat jalan-jalan!

  56. halo mbak annisa, mau nanya nih, kalo hotel2 di sekitar Geylang itu (kayak hotel 81), satu kamarnya bisa buat 3 orang gak ya? misal kita pesan kamar yg 1 double bed. bisa buat 3 org gak ya Mbak?

  57. oiya Mbak, ada yg kelupaan, kalo mau mesan hostel atau hotel di daerah Geylang itu, apa harus booking via internet? atau bisa langsung booking dgn cara datang langsung ke tempat?
    makasi mbak :)

  58. Hallo Annisa….Makasih banget ya, kamu udh bagi cerita tentang jalan-jalan ke Singapore, aku ngerti banget deh jadinya. kebetulan kita punya hobi yang sama tuh…baca cerita kamu, jadi bisa siap-siap tuh dari Indo bawa aqua…he..he…Jaga kesehatan yea…biar tetep bisa jalan-jalan terus…btw, aku udh hampir keliling bumi loh…ehem..
    Tetap Semangat !…..

  59. sevenofcloud said:

    bisa dua2nya, buka aja booking.com

  60. Kak, aku mau nanya nih :D aku sama temen2 ku bulan depan mau ke SG, kita nekat ber3 aja padahal umur kita baru 17tahun hehe. Tips2 dari kakak keren banget, soalnya kita juga niatnya backpacking kesana karena low budget juga, nah kak aku mau nanya2 ttg trip kakak ke malaysia naik kereta dari SG itu, bisa dijelasin secara detail kak? Transportnya apa aja, bisa pakai bis juga kan? naiknya darimana dll? Dan tarifnya kak..dan kalo boleh aku mau minta saran2nya hehe thanks before :D

  61. sevenofcloud said:

    hai Agatha!
    wah hebat deh kamu, umur 17 sudah travelling! ^^
    waktu saya ke Singapura tahun 2011 silam, saya naik kereta dari SG ke KL (Kuala Lumpur), kebetulan stasiunnya masih di stasiun lama, jadi dekat di pusat kota, nah sekarang stasiun SG sudah pindah ke perbatasan SG dan Malaysia.
    dengan kondisi ini, saya menyarankan kamu naik bus dari pusat kota Singapura ke Johor Baru, nama busnya SBS kalo ga salah, setelah itu kamu naik kereta dari stasiun Johor ke Kuala Lumpur, untuk terminal keberangkatannya kamu tanya aja ke Tourist Information di Singapura (di Bugis ada).
    biayanya akan lebih murah jika seperti itu, dan kamu bisa ngerasain dua2nya (naik bus dan kereta!).

    selamat travelling ya agatha! :)

  62. Beauty_VipELF_BJs said:

    aq kan ada rencana ke SG bln september 2012 ini,, rencananya dri KL trus ke KL Sentral naik kereta ke SG…katanya skrg kan turunnya d Woodlands Station yaa klo gk salah…
    nahh..klo aq liat d jalur MRT..Woodlands b’ada d jalur merah (NSL)…kbtln aq rencana nginap d hostel dkt jalur MRT Farrer Park (NEL) nahh yg pgn aq tanya gmn rute perjalanan kstu mengingat dri Woodlands ke Farrer Park lumayan jauhh….mohon pencerahannya sist….^^

  63. Terima kasih infonya , rencana kami satu setengah hari disana, berarti STP nya sehari, dan setengah harinya pakai regular ?

  64. sevenofcloud said:

    @tjahjo : yup benar mas, STP untuk one day full, reguler utk setengah hari! :)

  65. mbak mw tanya untuk STP itu 1 kartu hanya bisa digunakan untuk 1 org atau lebih??
    trus klo masjid di sana bisa untuk numpang tidur g?
    terima kasih :D

  66. mbak,mau tanya, saya rencana bertiga kesana (cowok 2, cewek 1) gpp kan ya booking 1 kamar di bugis itu?

  67. oya, kita masing2 siapin budget 5 juta, rencana brgkt agustus ini, beli tiket nya secara manual…soalnya gak punya credit card. gapapa kan ya, kalo gak punya credit card?jd modal bawa uang cash sgitu aja. rencana 3 hari 2 malam. brarti dr changi sy beli STP dsana, trus sy lgsg ke kampung bugis, reserved hostel. bener gt ya?sorry mbk.banyak nanya heheee… oya skalian nanya, biaya masuk ke universal studio brapaan?ada web buat reservasi tiket gak?

  68. mbak,minta tlg sebutin donk,3 hari 2 malem di singapore baiknya kemana ajaa??yang banyaaak,dan muraaah, (kecuali universal studio yg mmg harus ksana wlopun mahal).. jadi saya nyampenya tu sore, baliknya malem..trims

  69. terima kasih banyak ya mbak atas info nya. coz sy ada plan ke SG + KL dr tgl 28 – 4 juli . kr2 enaknya membagi waktu di SG brp hr dan di KL brp hr ya?
    apakah semua hostel atau hotel hanya bs pakai kartu kredit?
    dan apakah bs qt pakai kartu kredit orang lain?
    thx bngt atas infonya

  70. saya rencana ke sin, untuk rute ke merlion duluan br ke sin flyer atau sebaliknya. mana yang lebih menghemat waktu. saya start dari hotel 81 osaka (chinatown). trims bantuannya.

  71. mbak beauty…saya jg mau ke singapura dan malaysia september 2012…tepatnya tanggal 1 – 5 sept 2012…enaknya rute singapura dulu…atau ke malaysia dulu ya…dan sy bw baby usia 1 tahun…ada yg pny rekomendasi baiknya gmna

  72. Sangat informatif dan bermanfaat, thx mba=)

  73. salam kenal kak!!
    blog kakak keren, saya ama satu teman rencana mau ke singapura tahun depan, kak tempat yang menarik di singapura apa yah kak?oh ya kak, mampir ke blogku juga yah kak,,hehehe,,,

  74. klo turun di stasion woodlands, disitukan ga jual STP ya? jadi bli nya dimana n naik apa dulu?

  75. sevenofcloud said:

    ga jual mbak di woodlands, mbak coba aja buka gothere.sg, nanti bisa search dari mana mbak berangkat pake MRT dan pakai apa… :)

  76. [...] yang sudah gue ceritakan sebelumnya tentang trip kere ke [...]

  77. Halo halooo. Tahun ini gue mau mulai backpacking ke luar negeri nih, and it will start from.. Singapore! Anehnya, agak-agak susah nyari travelblogger yang ngebahas Singapore. Untungnya gue terdampar di blog ini :3

    Cukup informatif. Mau nambahin buat jalan-jalan gratisnya: menyusuri Sungai Singapore. Ini juga hasil browsing :D

    Menurut lo, mending pake Tourist Pass atau nggak?

  78. ceritadarikotahujan said:

    Halo teguh, salam kenal, makasih udah mampir ke blog saya, susur sungai sepertinya menarik, :)
    Kalau kamu bakal byk singgah2 di byk tempat sehingga kamu byk pergi2 dgn kereta dan bus dlm satu hari, saya saranin buat pake tourist pass. :)

  79. Kayaknya harus bener2 dibikin itinerary yang jelas ya. Nginep mau di mana, mau ke mana aja, kapan, jadi biar bisa dapet angka akurat haha. Ditunggu liputan jalan-jalannya lagi :)

  80. makasih banyak yah mbak atas infonya,berguna banget,soalnya 21 july ini saya pendidikan di s’pore,mudah2an bisa ngirit disana…trims

  81. selvi yaswan said:

    mau nanya nih mba , tp ini nyimpang dari pertanyaan yg lainnya ,
    aku mau ke SG ma temenku berdua ajj , insyaallah tahun depan
    nah kami blom punya passport ,dan status kami pelajar ,
    jdi pas buat passport apa harus ada surat kuasa dari ortu ? *yg aku baca diinternet ada surat kuasa* ,
    dijawab yh mbak xD

    oh iyh untuk penginapan , kalo cuma brdua enaknya dimna yh mbak??

  82. ceritadarikotahujan said:

    halo mbak selvi,

    yap benar harus pakai surat kuasa dari orang.
    Waktu awal saya buat paspor, saya juga berstatus pelajar (saat ini juga msh pelajar, hehe).
    suratnya mbak bikin aja sndiri, tulis tangan atau diketik, pokonya dittd ortu.
    kasih deh ke imigrasinya.

    lalu untuk penginapan, dimana saja bisa mbak, tergantung budget dan lokasi.
    kalau saya suka yg murah, jadi cari hostel saja, byk kok mbak hostel yg menyediakan kamar untuk 2 orang. :)

    happy travelling. :)

  83. ceritadarikotahujan said:

    pendidikan dimana mas? sukses yah! happy travelling :)

  84. selvi yaswan said:

    kalo ttd ny bukan ttd ortu bisa gak yh mba?

    kira-kira didaerah mana yg paling murah?

  85. ceritadarikotahujan said:

    Setau saya orang tua atau wali saja.
    Saya nginap di cozy corner di bugis, lumayan murah.

  86. di SIA ENGINEERING COMPANY http://www.siaec.com.sg
    saya bakal disana 72 hari untuk pendidikan rating airbus insya alloh

  87. thanks infonya…

    ayo yg mau bareng backpackeran ke singapore tanggal 24-26 agustus 2013 besok. kita jelajahi bareng2. hehe..

  88. hai say, mau nanya dong kalo STP itu untuk 1 hari aja? so, kita harus beli tiap hari dong misalnya akan disana 4hr 3 mlm. Dan dalam 1 hari itu, kemanapun kita pergu tetep SGD 8? Tnx ya :)

  89. terima kasih info nya, tinggal saya pelajari dan coba cari penginapannya disini deh : http://tinyurl.com/lorvyyf

  90. mba saya mau bragkat i allah awal taun, tapi saya gak tau tempat2 wisata di singapura, itu bgaimana ya mba? help pliis mba

  91. keren dan gokil abisss. Hehehehehe…Thanks sharing infonya…

  92. Salam Kenal…
    mau tanya ttg keberangkatan dr SGP ke Malay itu memakan waktu sekitar brp jam ya mbak (utk bus dan keretanya )……?
    klu pergi hanya 4 hr 3 mlm apakah cukup…?

    Btw Thx sebelumnya..^_^

  93. Info yang sangat menarik.
    Terimakasih atas tips2nya, Salam Sukses Selalu.

  94. Hmm,, berguna banget nih postingan,,

    rencana baru berangkatnya akhir januari 2014 nih.. ada yang minat shared trip gak nih..
    kebetulan masih solo backpacker nih,, selama nih menjelajah indo doank..

  95. yg mau travelling ke singapore atw korsel ajak2 yaahh,,,
    sy lg nyari tmn ney,,
    masii awam blm pnh kesana…
    mbak annisa potter makasii bgt infonya,,kpn backpacker bareng?? hehe :)

  96. find me email: irmahdpsy@yahoo.com
    fb: irma hdpsy

  97. ceritadarikotahujan said:

    Sami2!!!

  98. Diqyz Rouy Chaessars said:

    Hay mbak…
    Rencana aku mau pergi k SG bulan Februari mendatang (InsyaAllah) 3hari 4malam…kira2 dgn low budget yg aku punya dan dgn rute yg mau aku datangi (Merlion, Esplanade, Bugis Street/China Town, Orchard, Sentosa n USS) enaknya kalo rute sekali jalannya gimana ?
    Mohon pencerahannya…
    *Diqyz Bgr*
    note : yg mau bareng ke SG, yuk bareng…aku sendirian nih mau gembel2an
    Invite my pin:28144dcd *invite jg ya mbak

  99. kalo waktu tempuh dari changi ke tampines dan dari tampines ke bugis berapa lama yaa sis? kebetulan minggu depan sy rencana k SG dan rencanaya tujuan pertamanya sebelum ke hotel mau ke IKEA Tampines dl hehe..

    sekalian numpang promo barangkali ada yg mo ngintip jg k blog sy hehe : hanifalfajar.wordpress.com :)))))

  100. Ada yang mau berangkat ke singapur gak tahun 2014 ini ? dari solo :) lagi cari temen buat bareng backpakeran.

  101. ada february tp tanggal 27-02 maret
    gimana ?

  102. saya, februari..

  103. invite my pin or send to rouy.artz@gmail.com

  104. Untuk teman teman yang berminat ke USS, boleh beli tiket nya sama kita yah. Harga tiket dewasa 510 ribu berlaku kapan saja (weekday/weekend/public holiday).

    Like facebook page kita dan kasih tau juga ke temen2. Thanks ya.

    https://www.facebook.com/tiketmurahuss

    whatsapp +65 9 8 Satu 7 7 9 Tiga 4

  105. saya tanggal 15 Mei-18 Mei rencana ke SG, nginep di shophouse bugis,, berangkat dr juanda,, sendiri.. yg waktunya sama, ayok barengan…

  106. Mbak, STP itu udah termasuk MRT dan bis kan, nah kalo mo ke sentosa kan naik monorail, itu udah termasuk dlm STP atau gimana.
    Oya mbak kalo ada pengalaman di negara ASEAN lain nya, bagi dunk hehehe, kalo boleh tau nama twitter nya utk share informasi

  107. ceritadarikotahujan said:

    Halo Adrie, yup STP itu termasuk MRT dan bis,
    tapi monorail ke sentosa itu tidak termasuk ke STP, harus beli lagi seharga 3 dolar (harga saat saya beli tahun 2011).
    Tentu kalau saya travelling keliling ASEAN bakal saya share kok! kebetulan saya masih di Eropa, jd msh banyak nulis ttg euro trip..
    twitter saya @annisaa_potter.

    Happy travelling! :)

  108. Hallo assalamualaikum kak :D

    Kenalin kak nama ku Yasinta, masih kelas 3 kak mau Ujian hehe
    Gini kak,rencana aku sama temenku 2/3 mau ke singapore, aku mau tanya ya kak..
    1. Lebih baik perginya bulan April , Mei apa Juni kak kan bulannya long holy tuh? Rencana mau Juli sih,tapi keinget kalo juli udah puasa
    2. Aku banyak baca artikel kak, ke spore ga pake visa/passport bisa, emg bener kak ? Aku bngung ini -,-
    3. Kalo mau bikin passport kan pake rekomendasi ortu kan kak, apa iya harus wajib buat NPWP ? (Takbah gakmudeng ini) -,-
    4. Disana lebih baik bawa credit card apa tunai ya kak ?

    Makasih kak,maap banyak tanya hehe :D

  109. Maaf mbak, STP itu berlakunya hanya sehari atau gmna ya?

  110. PratiwiChristi said:

    Reblogged this on My Life. My Precious. My Hope. My Stories and commented:
    Banyak yang bisa di hemat ternyata… backpacking itu seperti ilmu ekonomi. dengan biaya sekecil-kecilnya untuk mendapatkan jalan-jalan sebesar-besarnya. kekekekekkeekeke :D

  111. Mba,..sy rencananya mo ke singapore rombongan 4 org, kalau kita hanya pegang 1 kartu STP aja apa bisa digunakan utk 4 org setiap kali kita naik mrt/bus atau setiap org pegang masing2 kartu STP

  112. Assalamu alaikum Mbak,
    Rencana awal bln dpn kan mw k SG, lagi cari2 penginapan nih mbak..
    Kalo di cozycorner fasilitas yg ada apa aja y mbak? kamar mandi umum ato di setiap kamar ada?soalx di websitex gak disebutin… share pengalamannya y mbak.. makasih..

  113. Aditya Putra said:

    kak.saya masih pelajar kelas 1 sma nih. rencananya bulan desember akan ke singapore dengan teman saya. saya mau tanya kalau biayanya dia anggarkan 2 jt itu pas nggak ya untuk 3D2N ?

  114. ceritadarikotahujan said:

    Halo Aditya Putra!
    2 juta itu termasuk biaya tiket pesawat ga?
    kalau diluar tiket pesawat, inshaAllah cukup kok!
    Asal jangan banyak belanja aja, hehe..

    happy travelling! :)

  115. ceritadarikotahujan said:

    satu orang satu kartu STP mas..

  116. Reblogged this on Nani Frea Wika and commented:
    Backpakeran Singapura will be come true ahahay

  117. Hi sis.. siip bgt blognya… 2 jmpol dh… klo ad yg mo ksna tgl 22 bareng yuk hehehe

  118. Alfonso USS said:

    Bingung mau ke tempat wisata yang mana di singapura yang murah tapi berkesan? Ke Universal Studio Singapore aja…Tiket dewasa 510rb/tiket ; Anak-anak 450rb/tiket….untuk rekomendasi tempat makannya juga banyak…bisa dilihat di thread kaskus ane Gan disini : http://goo.gl/00exG4

  119. ngiri deh sama kamu..keren bgt

  120. Makasiii tipsnya ya, bermanfaat bang..get, jd modal gue backpackerran sendiri nntix, jd ga sabar pengen kesono sendirian, apalagi gue ga bs english2 geto ya, hahaha (untungnya uda ada om google translate)

  121. ceritadarikotahujan said:

    terima kasih mbak Erni, ayo jalan-jalan! :D

  122. ceritadarikotahujan said:

    Dear Jeiksen,

    ke Singapura tidak perlu jago bahasa Inggris kok!
    Tenang ajaa, hehe..
    sudah baca cerita pengalaman pertama saya ke Singapura?
    silahkan baca di link ini:

    https://ceritadarikotahujan.wordpress.com/?s=uniquely+singapore

    dijamin seru jalan2 ke luar negeri dengan bahasa pas-pasan! hehe

  123. muhammad sakroni said:

    keren mbak ceritanya. sukaa. jad pengen ke singapura.
    disana masjid ada gak? apa boleh buat tidur? hehe
    kalo gak pake nginep boleh gak ya (gelandangan donk hehe)

  124. Alfonso USS said:

    Lengkap abiss….Sangat inspiring Gan….Nice posting !!

    Bingung mau ke tempat wisata yang mana di singapura yang murah tapi berkesan? Ke Universal Studio Singapore aja…Tiket dewasa 510rb/tiket ; Anak-anak 450rb/tiket….untuk cara beli tiket paling murah dan rekomendasi tempat makannya…bisa dilihat di thread kaskus ane Gan disini : http://goo.gl/00exG4

  125. infonya sangat bermanfaat ^_^ mari berwisata bersama Dunia Wisata Singosari Malang

    jangan lupa mampir di http://www.duniawisataku.com kami melayani jasa tour pariwisata dalam dan luar negeri.. bagi yang berada di malang bisa datang langsung ke Jl. Kembang No.8 Singosari Malang. atau call di 0341-456444

  126. Hallo mbak..
    sya rencanany cuma 1 hari,itupun tdk nginap karna sya berangkatnya dr batam..
    Klau naik MRT bagusnya beli tiket yg mana??dan tujuan pertama saya itu merlion,,makasii mbak.

  127. sanusi brugman syah said:

    wew,,, seru juga tuh,,,, insya allah bulan depan gw pengen backpacker ke singapore n KL juga,,,,, bisa jadi reverensi buat gw juga tuh.

  128. fikri oktaviani said:

    ka .. kalo mau pesen hotel nya itu , kita booking dari sini dulu .. atau on the spot ,

  129. giliiinggg kalo ampe minum teh org lain mba wkwkwkw,,ngakak aku bacanya :D Liburan itu soal selera sih yaa… aku pribadi sih, tiap traveling, slalu nyiapin budget lebih utk nyobain something extreme di tempat itu ;p.. Kalo singapur, aku paling suka nyobain G-Max reverse bungy nya di Clark Quay.. ;p Jadi kalo ksana, pasti de cm mau nyobain itu doang, itung2 ngilangin stress bisa teriak sepuas hati hihihihii…

  130. mbak klo untuk hostelnya, kamar mandinya jadi satu ama kamar atau di luar gabung bareng ama tamu2 lain???

  131. ceritadarikotahujan said:

    di luar mba endah :)

  132. kak, kalau mau nginep di cozy corner harus booking dulu atau bisa langsung datang?

  133. Pengen backpekeran ke sana… ada yg mo pergi tgl7 sept ga…

  134. Senang…membaca pengalamannya deh..mbak .makasih yah jd ada masukan buat aku yg rencana mau ber backpackeran juga ala kamu nih …Aku kamis depan ber 7 mau ke singapura, nginap di hostel adamson inn bugis, nyampe di hostel ini kira-kira jam 11 malam mbak, bagusnya naik taxi aja y Mbak.. trus besok pagi2 rencana baru mau ke, USS, Merlion park, Orchard, little india, china town. mustafa. Cukup gak waktunya Mbak. makasih yah..

  135. Cakep, trims artikelnya KEREN

  136. halo mba aku mau tanya STP ini berlaku untuk 1 orang 1 yah. kalo saya ber3. suami plus anak umur 3 tahun berarti harus beli stp nya 3 gitu dalam sehari??

  137. ceritadarikotahujan said:

    betul mbak harus 3 kartu, tapi saya agak lupa anak umur 3 tahun terhitung gratis atau tidak, soalnya adik saya yg berumur 6 tahun harus tetap beli STP mba.
    t

  138. wah nggak kebayang tuh minum air teh yg ga tau bekas siapa hahaha
    but nice share!

  139. apa bener ni mbak di SG enggak pake visa?
    terus disana kan pembayaran pake elektrik. nah pas kita nuker rupiahnya kan pake cash..
    maklum mbak blum pernah ksana

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 702 pengikut lainnya.

